KELOMPOK DUA

kimia asyik, kimia unik, kimia menarik, kimia sekitar kita, go kimia...

RPP KIMIA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  : SMA
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas / Semester                      : X / 2
Alokasi Waktu                        : 4 x 45 menit

A. STANDAR KOMPETENSI :
3. Memahami sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi reduksi.

B. KOMPETENSI DASAR :
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.

C. INDIKATOR :
  1. Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
  2. Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
  3. Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks
  4. Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.      Siswa dapat membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
2.      Siswa dapat menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
3.      Siswa dapat menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks.
4.      Siswa dapat mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.

E. MATERI PEMBELAJARAN :
  1. Reaksi Redoks Berdasarkan Pelepasan dan Pengikatan Oksigen
  2. Reaksi Redoks Berdasarkan Pelepasan dan Pengikatan Elektron
  3. Reaksi Redoks Berdasarkan Perubahan Bilangan Oksidasi
  4. Reaksi Redoks dalam Kehidupan Sehari-hari

F. METODE PEMBELAJARAN :
Diskusi informasi
Eksperimen / demonstrasi

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN :
     Buku Kimia SMA kelas X Semester 2
     Media Power Point
     Media Macromedia Flash
     Media Pembelajaran Elektronik Blog
  
H. STRATEGI PEMBELAJARAN :
 
I. PENILAIAN :
    1. Teknik Penilaian : tugas individu
    2. Bentuk Instrumen           : Tes tertulis uraian
    3. Instrumen / Soal  :

  1. Tuliskan pengertian oksidasi dan reduksi berdasarkan :
            a.  pengikatan / pelepasan oksigen
            b.  serah terima elektron
            c.  perubahan bilangan oksidasi
  1. Tentukan bilangan oksidasi untuk unsur yang dicetak tebal berikut ini!
            a. C2O42-                                             d. Na2SO4
                b. NO2                                                 e. BiCl3
            c. KMnO4                                         f. PO43-
  1. Tentukan, apakah reaksi berikut ini merupakan reaksi redoks atau bukan  ?
a.   Pb2+ + 2Cl- → PbCl2                                  
b.  2CrO42- + 2H+ → Cr2O72- + H2O   
c.   6CO2 + 6H2O → C6H12O6 + 6 O2 
d.  2H2  + O2 → 2H2O
e.   CuO + 2HCl → CuCl2 + H2O
f.   SnCl2 + 2HCl → SnCl4 +2HI
  1. Tentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks berikut !
            a. 3Cu + 8HNO3 → 3Cu(NO3)2 + 2NO + 4H2O
            b. MnO2 + 2 H2SO4 + 2NaI → MnSO4 + Na2SO4 + H2O + I2
            c. Cl2 + 2KOH → KCl + KClO + H2O
            d. As2S3 + HNO3 → H3AsO4 + H2SO4 + NO2 + H2O



RPP Yang Lainnya :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA
Stuktur Atom Dan Tabel Periodik Unsur

Satuan Pendidikan         :  SMA  Negeri Bengkulu
Mata Pelajaran               :  Kimia
Kelas/Semester                :  Kelas X/ Semester I
  Materi Pembelajaran     :  Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
  Alokasi Waktu                : 4 x 45 menit   

A. STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

B. KOMPETENSI DASAR
2.      Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.

C. INDIKATOR
1. Kognitif
a. Produk
1.    Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
2.    Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur.
3.    Menentukan partikel dasar (proton, elektron, dan neutron)
4.    Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
b. Proses
1.    Mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.
2.    Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.
3.    Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron, massa atom relatif.
2. Psikomotor
1.    Kesiapan kelompok penyaji dalam menyajikan materi
2.    Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok

3. Afektif
1. Karakter
     a. jujur,
b. tanggung jawab,
c. hati-hati,
d. teliti.
2. Keterampilan sosial:
a. bertanya,
b. menyumbang ide atau berpendapat,
c. menjadi pendengar yang baik,
d. berkomunikasi.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN  
1. Kognitif
a. produk :
1.    Secara mandiri siswa dapat Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
2.    Dengan berdiskusi siswa dapat Menjelaskan dasar pengelompokan unsur-unsur.
3.    Secara mandiri siswa dapat Menentukan partikel dasar (proton, elektron, dan neutron)
4.    Secara mandiri siswa dapat Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
b. proses
1.    siswa menyediakan  bahan yang akan didiskusikan dalam kelompok, sehingga masing-masing kelompok mampu aktif dalam dikusi yang dilakukan.
2.    Guru sebagai mediator membimbing kegiatan diskusi yang berlangsung
3.     Guru memberikan penjelasan tentang materi partikel dasar atom (proton, neutron dan electron )
4.    Guru memberikan masalah untuk didiskusikan dalam kelompok yang telah dibentuk tentang materi partikel dasar atom ( proton,electron dan neutron )
5.    Guru memberikan penjelasan tentang materi konfigurasi electron dan penentuan electron valensi
6.    Guru memberikan masalah dalam kelompok tentang materi konfigurasi electron dan penentuan electron valensi.
7.    Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kkelompoknya masing-masing

2. Psikomotorik
1.      Kesiapan dan penguasaan materi dari kelompok penyaji tentang materi perkembangan table periodic unsure dan dasar-dasar pengelompokan unsure.
2.      Penyampaian materi yang akurat dan menyeluruh dari kelompok penyaji
3.      Keaktifan audience dalam menyimak materi yang disajikan oleh kelompok penyaji
4.      Cara menjawab pertanyaan kelompok penyaji dari audience
5.      Keaktifan siswa dalam memberikan pertanyaan terhadap penjelasan guru tentang materi partikel dasar atom dan konfiguarasi electron dan electron valensi.
6.      Keaktifan siswa dalam berdiskusi dan dalam mempresentasikan hasil kerja kelompok tersebut.

3. Afektif
1. Karakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, tanggung jawab,hati-hati, dan teliti.
2. Keterampilan sosial : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai Membuat kemajuan  dalam menunjukkan perlaku keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, dan berkomunikasi.

 E. MATERI PEMBELAJARAN
  1. Perkembangan tabel periodik unsure
·   Pengelompokan unsure atas logam dan non logam
·   Hukum Triade
·   Hukum Oktaf
·   Susunan Berkala Mendeleyev Dan Meyer
·   Table periodic unsur modern.
  1. Struktur atom
·   Nomor atom dan nomor massa
a.     Dalam atom netral
b.     Dalam atom bermuatan negatif
c.     Dalam atom bermuatan positif
· Penentuan electron valensi dari konfigurasi elektron pada table periodic
· Penentuan massa atom relative
· Isotop, isoton, isobar dan isoelectron
· Sifat unsure logam non logam dan unsure metalloid  

F. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
            Model pembelajaran    : Model Pembelajaran Kooperatif
            Metode                         : Diskusi Informasi

G. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku siswa
·         LKS
·         Buku kimia untuk SMA kelas X penerbit Erlangga

H. PROSES BELAJAR MENGAJAR
Pertemuan 1 ( 2 X 45 menit)























































I.   Penilaian
1.      Penilaian produk (LP-01)
2.      Penilaian Kinerja(LP-02 A dan LP-02B
3.      Penilaian Afektif

Daftar Pustaka
BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Mata Pelajaran: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTS. Digandakan oleh Kegiatan Penyelenggaraan Sosialisasi/Diseminasi/Seminar/Workshop/Publikasi Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Johnson, David W. & Johnson, Roger T. 2002. Meaningful Assessment. A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn & Bacon.
Wilbraham, Staley, Matta, and Waterman, (2007). Chemistry (Teacher’s Edition). Boston: Pearson Prentice Hall.
________, TeachEngineering.org Activity - Acid (and Base) Rainbows. Didownload pada 9 Oktober 2009 dari http://www.teachengineering.org/view_activity.php?


LKS SMA (struktur atom)

1.      Sifat unsure pertama memiliki kemiripan dengan unsur ke delapan. hal ini merupakan hukum dari….
a.       Deboreiner
b.      A.R. Newlands
c.       Mendeleyev
d.      Lothar Meyer
e.       Wilhem Roentgen
2.      Unsur berikut yang sesuai dengan triad Doboreiner adalah…….
a.       argon, klor dan belerang
b.      brom, klor, dan iodium
c.       boron, karbon, dan nitrogen
d.      litium, natrium, dan magnesium
e.       kalium, kalsium, dan scandium
3.      Di antara golongan IIA dan IIIA, terdapat golongan-golongan yang terdiri dari unsure-unsur logam yang sering disebut………
a.       logam alkali
b.      gas mulia
c.       halogen
d.      logam transisi
e.       logam mulia
4.      Kelompok-kelompok unsur berikut yang merupakan golongan transisi adalah….
a.       N, P, As, Sb
b.      Fe, Co, Ag, Au
c.       C, Si, Ge, Sn
d.      Li, Na, K, Rb
e.       Fe, Na, C, Ca
5.       system periodic unsure modern mengelompokan unsure-unsur berdasarkan….
            a.   kenaikan massa atom
b.  kenaikan nomor massa
c. kenaikan nomor atom
d. sifat fisis
e. sifat kimia
6.      Kelompok unsur berikut yang merupakan kelompok unsur nonlogam adalah….
a.       klorin, kalsium, mangan, timah
b.      hidrogen, karbon, zink, silikon
c.       helium, neon, argon,xenon
d.      berilium, karbon, sulfur, silicon
e.       helium, tellurium, lodin, bismuth
7.      Unsur-unsur yang sifatnya mirip dalam sistem periodik terletak dalam satu….
a.       periode
b.      golongan
c.       kulit
d.      valensi
e.       blok
8.      Kelompok unsur yang mempunyai elektron valensi sama adalah…..
a.       B, C, N, dan O
b.      C, Si, P, dan Cl
c.       F, Cl, Br, dan ca
d.      He, Ne, Ar, dan Kr
e.       B, Al, Ga dan In
9.      Suatu unsure terletak pada golongan VA dan perioe ke-3. Nomor atom unsur tersebut adalah…..
a.       7
b.      9
c.       13
d.      15
e.       20
 
Kunci Jawaban LKS1
1. b
2. b
3. d
4. b
5. c
6. c
7. b
8. d
9. d

LKS 2

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
1.      Berdasarkan apakah Mendeleev menyusun tabel periodik unsur-unsur? Mengapa sistem periodik dari Mendeleev lebih dikenal daripada model Lothar Meyer?
2.      Jelaskan apa yang menjadi dasar penyusunan tabel periodik modern! Dan Bagaimanakah unsur-unsur disusun sehingga sistem periodik memiliki golongan dan periode?
3.      Dalam kata ‘CINTA’ dan ‘NASI BROMO’ terdapat berapa macam unsur dan berada pada golongan serta periode berapa?
4.       Susun satu kalimat dari unsur-unsur yang ada dalam golongan dan periode berikut:
• golongan IA, periode 2 dan 3;
• golongan IIA, periode 4;
• golongan VA, periode 2;
• golongan golongan, IVB periode 4; dan
• golongan IA, periode 4.
5.      Pada periode dan golongan berapa unsur-unsur yang memiliki jumlah elektron 5, 12, 20, 51 dan 86?

Kunci LKS 2

1.      Dasar yang dipakai Mendeleev menyusun tabel periodik unsur-unsur adalah kenaikan nomor massa atom. Kemampuan prediksi Mendeleev menjadikan tabel periodik yang disusunnya lebih dikenal masyarakat ilmiah.
2.      Unsur-unsur disusun untuk memudahkan dalam mempelajari sifat-sifatnya dan Unsur-unsur disusun berdasarkan persamaan sifatnya sehingga membentuk golongan dan periode.
3.       Dalam kata CInTa terdapat 3 unsur, yaitu C (Karbon), In (Indium), dan Ta (Tantalum). Masing-masing terdapat dalam golongan dan periode:
C = IVA atau 14, periode 2
In = IIIA atau 13, periode 5
Ta = VB atau 5; periode 6
Dalam kata NaSi BrOMo terdapat 5 unsur yaitu Na ( natrium), Si ( Silikon), Br (Bromin), O ( Oksigen) dan Mo (Molybdennum)
4.      Li, Na, Ca, N, Ti, K Jadi, susunan kalimatnya adalah LiNa CaNTiK.
5.      Jmlh e 5 ; 2 3 terletak pada periode 2 golongan IIIA
Jmlh e 12 ; 2 8 2 terletak pada periode 3 golongan IIIA
Jmlh e 20 ; 2 8 8 2 terletak pada periode 4 golongan IIA
Jmlh e 51 ; 2 8 18 18 5 terletak pada periode 5 golongan VA
Jmlh e 86 ; 2 18 32 18 8 terletak pada periode 5 golongan VIIIA



LP-2A
Format Penilaian Kinerja

Rubrik  : Rubrik ini digunakan sebagai acuan untuk menilai kinerja siswa pada waktu mengerjakan tugas-tugas dan kerja ilmiah


























Lembar Penilaian Kinerja 












LP-2B
LEMBAR PENILAIAN DISKUSI DAN PRESENTASI

Rubrik : Digunakan untuk menilai kegiatan diskusi

Nilai 5      : Bila siswa berperan aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu  mengajukan pertanyaan tingkat tinggi dan ide-ide baru.
Nilai 4      :  Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan pertanyaan tingkat tinggi tapi tidak ada ide baru.
Nilai 3      : Siswa aktif dalam diskusi baik bertanya maupun menjawab, mampu mengajukan  pertanyaan tingkat rendah.
Nilai 2      : Siswa kurang aktif dalam diskusi hanya sesekali bertanya.
Nilai 1      : Siswa pasif dan tidak mengajukan pertanyaan maupun memberikan jawaban.

Lembar Penilaian Diskusi dan Presentasi
 














LP-03
PENILAIAN AFEKTIF

Lembar ini disusun untuk mengetahui sikap siswa selama mengikuti pembelajaran kimia.

Nama : .........................


 


























 LP-03
PENILAIAN AFEKTIF

Lembar ini disusun untuk mengetahui sikap siswa selama mengikuti pembelajaran kimia.
 Nama : .........................